Rizal Ramli Paling Siap dalam Visi Ekonomi

Pilpres   Rabu, 20 Juni 2018 | 19:00 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Rizal Ramli Paling Siap dalam Visi Ekonomi - Kantorberitapemilu.com

Rizal Ramli/RMOL

KBPRI. Ekonom senor Indonesia DR Rizal Ramli termasuk bakal calon presiden yang paling siap secara visi ekonomi. Kehadiran Rizal Ramli sebagai capres alternatif dianggap sesuai dengan kondisi saat ini yang diwarnai kekhawatiran atas perekonomian nasional.

"Kondisi ekonomi saat ini dalam persepsi publik memang cukup mengkhawatirkan," kata pengamat politik Rico Marbun kepada wartawan, Rabu (20/6).

Dia menambahkan, ada beberapa persepsi publik terkait kondisi ekonomi saat ini yang kurang memuaskan. Antara lain terakit nilai tukar rupiah yang merosot terhadap dolar Amerika Serikat.

"Ditambah lagi kesulitan mencari pekerjaan, harga-harga bahan pokok yang cenderung tinggi. Dan adanya kecemburuan atas kehadiran tenaga kerja asing berkualifikasi rendah di Indonesia," papar Rico.

Isu-isu ekonomi yang kurang memuaskan itu belum berhasil dijawab secara tuntas oleh pemerintahan Joko Widodo. Ditambah, komunikasi politik Jokowi sebagai capres petahana selama ini secara substantif sulit menaikkan elektabilitas, karena pesan yang disampaikan tidak memilik implikasi penyelesaian masalah.

"Akibatnya publik tidak begitu yakin kemampuan presiden dalam menuntaskan masalah ekonomi," kata Rico.

Dengan begitu, kehadiran Rizal Ramli yang juga menko perekonomian era Presiden Gus Dur dianggap paling jelas dari sisi program ekonomi. Rizal Ramli dilihat sebagai figur yang paling jelas dan siap program ekonominya dalam menghadapi masalah isu ekonomi dan tidak terlalu agresif dalam hal pencitraan.

"Janji-janji ekonominya terasa lebih membumi dan pas, seperti program pertumbuhan ekonomi 10 persen setahun, serta rute yang akan diambil menjadi salah satu titik kuat janji Rizal di mata publik," beber Rico yang juga direktur eksekutif Media Survei Nasional (Median). [wah]


Komentar Pembaca