Elektabilitas Rindu Masih Lebih Unggul

Pilkada   Rabu, 20 Juni 2018 | 20:30 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Elektabilitas Rindu Masih Lebih Unggul - Kantorberitapemilu.com

Pilkada/Net

KBPRI. Pasangan calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mengungguli tiga pasangan lainnya dalam hal elektabilitas.

"Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) menjadi yang paling tinggi elektabilitasnya yaitu 36,9 persen, disusul pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) dengan 30,1 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam paparan survei 'Dinamika Pilgub dan Pilpres di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan', di Senayan, Jakarta, Rabu (20/6).

Dua pasangan lain yaitu Sudrajat-Ahmad Saikhu (Asyik) memperoleh elektabilitas 6,1 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) lima persen.

Menurut Qodari, sekalipun masih unggul, elektabilitas pasangan Rindu mengalami tren penurunan. Pada Januari lalu, elektabilitasnya sebesar 44,8 persen dan kini menjadi 36,9 persen.

"Tiga pasangan lainnya lebih positif. Pasangan Hasanah dalam periode yang sama dari satu persen menjadi lima persen, pasangan Asyik dari 0,9 persen menjadi 6,1 persen, dan Duo DM dari 27,9 persen menjadi 30,1 persen," paparnya.

Survei Indo Barometer dilakukan pada 7-13 Juni 2018 terhadap 1200 responden di 27 kota/kabupaten di Jabar. Menggunakan metode multistage random sampling, hasil survei mendapati tingkat kesalahan plus minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaannya 95 persen. [wah]


Komentar Pembaca