Pilgub Jawa Timur 2018

PDIP Khawatir Pernyataan SBY Jadi Bola Liar di Pilgub Jatim

Pilkada   Rabu, 20 Juni 2018 | 22:16 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

PDIP Khawatir Pernyataan SBY Jadi Bola Liar di Pilgub Jatim - Kantorberitapemilu.com

Susilo Bambang Yudhoyono/Net

KBPRI. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengimbau kepada seluruh kader dan relawan dalam menyikapi suhu politik jelang Pilgub Jawa Timur (Jatim) mendatang.

Mereka diminta tetap fokus pada pemenangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah menekankan, imbauan tersebut bertujuan agar para kader dan relawan tidak terpancing manuver politik apapun. Misalnya, bola liar yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kami terbiasa bekerja dengan fokus dan ditel. Tidak terbiasa memainkan manuver yang mencoba memancing kegaduhan untuk mencari perhatian," kata Basarah dalam keterangan resminya, Rabu (20/6).

Sebelumnya, SBY berkomentar soal netralitas aparatur negara dalam Pilkada Serentak 2018. Antara lain Badan Intelijen Negara (BIN), TNI dan Polri.

Menurut Basarah, pernyataan tersebut terlalu berlebihan. SBY disebut sedang bernostalgia dengan masa kepemimpinannya 10 tahun lalu. Saat itu, SBY memang mengendalikan kekuasaan politik nasional.

Kendati demikian, Basarah mengakui adanya tanda atau niat yang membuat aparatur negara tidak netral. "Pernyataan Pak SBY saya kira tidak usah ditanggapi serius. Apalagi diambil hati secara emosional. Karena kami hormati beliau sebagai Presiden RI ke-6," tuturnya.

Di sisi lain, Basarah justru menganggap pernyataan SBY sebagai tanda kemenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Sekaligus kemenangan bagi Gus Ipul dan Puti di Pilgub Jatim 2018.

Gus Ipul-Puti akan memberikan sumbangsih bagi pemenangan Jokowi. Sebab mereka rajin menyatakan dukungan kepada Jokowi. "Para relawan Jokowi dari berbagai organisasi telah menyatakan dukungan untuk Saifullah dan Puti," tukas Basarah. [tsr]


Komentar Pembaca