Betah di ATM, Tikus India Gerogoti Uang Rp 250 Juta

Internasional   Rabu, 20 Juni 2018 | 22:45 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Betah di ATM, Tikus India Gerogoti Uang Rp 250 Juta - Kantorberitapemilu.com

Tikus gerogoti uang di ATM/Net

KBPRI. Kawanan tikus di distrik Tinsukia, Assam, India, mendadak viral di media sosial (medsos). Pasalnya, tikus-tikus tersebut menggerogoti uang dalam mesin ATM. Imbasnya, uang kertas sebesar 1,2 juta rupee atau sekitar Rp 250 juta rusak akibat gigitan tikus.

Menurut keterangan polisi, Bank Negara India (SBI) mengeluhkan salah satu mesin ATM tidak berfungsi selama 12 hari. "ATM tidak bisa mengeluarkan uang tunai," kata inspektus polisi Tinkusia, Prakash Sonowal, seperti dilansir dari Hindustan Times, Rabu (10/6).

Pada 20 Mei 2018, bank mendapat laporan adanya ATM yang kehabisan uang kertas. Padahal, pihak bank yakin mesin ATM tersebut masih terdapat uang kertas.

Pada 11 Juni 2018, tim teknis memperbaiki ATM dan mereka terkejut ketika menemukan yang uang kertas pecahan 2.000 rupee dan 500 rupee dalam keadaan terpotong-potong.

Polisi meyakini, tikus masuk ke mesin melalui celah lubang kecil untuk kabel. "Bangkai tikus ditemukan di antara uang kertas yang robek," kata pejabat kantor polisi Sijuguri.

Dia menambahkan, petugas bank berhasil menyelamatkan uang kertas lainnya senilai 1,7 juta rupee atau Rp 350 juta yang masih tersimpan di ATM. "Kami belum menemukan keterlibatan pejabat bank atau orang luar manapun," kata pejabat polisi.

Foto-foto uang kertas rusak di dalam ATM telah menjadi viral di Facebook dan Twitter. "Lihat, tikus-tikus sedang demonetisasi untuk kepentingan mereka," kicau seorang warganet. [tsr]


Komentar Pembaca