RR Bisa Bawa Indonesia Menjadi Negara Kunci Di Kawasan

Internasional   Kamis, 21 Juni 2018 | 10:27 WIB | LAPORAN: Hendry Ginting

RR Bisa Bawa Indonesia Menjadi Negara Kunci Di Kawasan - Kantorberitapemilu.com

Rizal Ramli/net

KBPRI. Tokoh sekaliber  Rizal Ramli (RR) diyakini bisa membawa Indonesia menjadi pemain kunci di kawasan.
Hal itu dibuktikan usai RR diundang menjadi pembicara di forum think tank Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

"Kita patut bangga, Rizal Ramli sebagai tokoh nasional bangsa Indonesia diundang menjadi pembicara di forum think tank AS untuk menyampaikan  pandangannya soal konstelasi kawasan," ujar Direktur Eksekutif Human Studies Institute Rasminto seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL,  Kamis  (21/6).

Menurutnya hal tersebut membuktikan Indonesia memiliki peran yang sangat strategis di mata para pembuat kebijakan di Negeri Paman Sam.

Rasminto menilai diundangnya RR membuka tabir sejarah panjang bangsa Indonesia sebagai pemain kunci di kawasan bahkan dunia.

"Dari zaman Bung Karno kita menjadi inisiator Gerakan Non Blok dengan politik luar negeri bebas aktifnya," bebernya.

RR yang kini menjadi capres alternatif rakyat di Pilpres 2019 memiliki gagasan untuk mewujudkan kembali posisi Indonesia di tengah dan diperhitungkan di kancah global.

Lebih lanjut, Dosen Geografi di Universitas Islam 45 Bekasi ini berharap RR bisa mengembalikan konsep politik luar negeri yang semestinya dan tidak condong di salah satu blok seperti saat ini.

"RR harus jadi agen bangsa Indonesia yang bisa memainkan peran Indonesia di kancah global, tidak seperti ini yang lebih condong ke China," pungkasnya. [nes]


Komentar Pembaca