PAN: Penunjukan Iriawan Bermasalah Sejak Awal

Politik   Kamis, 21 Juni 2018 | 17:00 WIB

PAN: Penunjukan Iriawan Bermasalah Sejak Awal - Kantorberitapemilu.com

PAN/Net

KBPRI. Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengaku bahwa penunjukan Komjen M Iriawan sebagai penjabat gubernur Jawa Barat bukan usulannya.

Menurut Saleh, pernyataan itu mengisyaratkan bahwa sejak awal pengangkatan Iriawan bermasalah. Namun, prosedur pengusulan dan pengangkatan tersebut menjadi domain Kemendagri.

"Karena itu, tanggung jawab terhadap semua proses yang ada adalah di tangan Kemendagri," ujarnya, seperti diberitakan RMOL, Kamis (21/6).

Diakui Saleh bahwa kebijakan itu banyak yang mengkritisi. Termasuk soal netralitas dan persoalan pelanggaran aturan perundangan yang berlaku.

"Semestinya, Kemendagri sudah mengetahui hal itu sejak awal. Jika pelantikan tetap dilaksanakan, berarti kritik yang disampaikan berbagai pihak tidak didengar dan tidak dijadikan bahan pertimbangan," ujarnya.

Sebagian pihak menilai pernyataan Jokowi tersebut menandakan kalau dia menandatangani tanpa membaca terlebih dahulu surat keputusan penunjukan Iriawan. Melainkan hanya hanya mendengar masukan Kemendagri.

"Dia (Jokowi) tidak melakukan uji keabsahan penunjukan Iriawan. Mungkin itu sebabnya SK-nya bisa langsung terbit. Kalau presiden tahu dan menilai ada sesuatu yang salah, tentu tidak akan ditanda tangan. Masalahnya, ini ditanda tangan. Bisa ditafsirkan bahwa presiden tidak tahu, atau bisa juga presiden tahu dan menyetujui," pungkas Saleh. [wah]


Komentar Pembaca