Pilkada Serentak 2018

10 Juta Orang Belum Lakukan Rekam KTP-el, 69 Persen Pemilih Pemula

Pilkada   Minggu, 24 Juni 2018 | 00:55 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

10 Juta Orang Belum Lakukan Rekam KTP-el, 69 Persen Pemilih Pemula - Kantorberitapemilu.com

Pemilih pemula/Net


KBPRI. Jelang Pilkada Serentak 2018 mendatang, 10 juta orang tercatat belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el). Data dari Ditjen Dukcapil Kemendagri mencatat, dari jumlah tersebut 6,9 juta atau 69 persen adalah pemilih pemula. Sedangkan sisanya sekitar 3 juta adalah non pemilih pemula.

"Sehingga tidak menjadi beban, karena pemilih pemula otomatis dilakukan perekaman," kata Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6).

Menurut Suratha, untuk pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP pihaknya melakukan strategi jemput bola, dengan mendatangi setiap SMA dan pondok pesantren. Hal ini dilakukan karena pemilih pemula terdata baik karena sedang menempuh pendidikan.

Namun, untuk 3 juta orang non pemilih pemula akan diberikan surat keterangan untuk dapat melakukan hak pilihnya pada Rabu (27/6) mendatang. "Kami juga lakukan strategi khusus, strategi ini diperlukan karena penduduk ini tidak semua proaktif walaupun sudah dilakukan jemput bola, kuncinya proaktif penduduk," ucapnya.

Lebih lanjut, Suratha menuturkan pihaknya pada saat pemungutan suara tetap membuka kantor Dukcapil untuk membantu proses penyelenggaraan pemilu. "Dukcapil telah membuka pelayanan di seluruh Indoensia, membuka call centre di 1500 157, itu kalau mau mengkonfirmasi syarat keterangan," pungkasnya. [tsr]


Komentar Pembaca