Konflik Palestina-Israel

Putin Siap Fasilitasi Abbas dan Netanyahu Satu Meja, Bagaimana Caranya?

Internasional   Selasa, 26 Juni 2018 | 18:47 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Putin Siap Fasilitasi Abbas dan Netanyahu Satu Meja, Bagaimana Caranya? - Kantorberitapemilu.com

Vladimir Putin/Net

KBPRI. Momen Piala Dunia di Rusia, menjadi strategi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengundang para pemimpin dunia. Termasuk saat Putin mengundang Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menghadiri final Piala Dunia di Moskow bulan depan.

Netanyahu saat ini sedang mempertimbangkan tawaran Putin untuk menghadiri pertandingan 15 Juli mendatang. Khususnya, jika persyaratan keamanan Israel dapat dipenuhi, seperti dilansir The Times of Israel, Selasa (26/6).

Sebelumnya, Kepala Sepak Bola Palestina Jibril Rjoub mengumumkan, Abbas akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk menghadiri pertandingan dan bertemu dengan Putin. Baik Abbas maupun Putin akan membahas hubungan bilateral dan perkembangan politik terbaru.

Seperti diketahui, Putin telah mengundang para pemimpin dunia lainnya untuk menyaksikan final Piala Dunia yang akan diadakan di Stadion Luzhniki, Moskow. Tidak ada tanda-tanda bahwa Netanyahu dan Abbas akan bertemu di Ibu Kota Rusia tersebut. Namun Putin sebelumnya telah mencoba mengadakan pembicaraan di antara mereka.

Netanyahu dan Abbas belum berjumpa lagi setelah perundingan substantif sejak 2010 lagi. Upaya perdamaian regional tersebut kemudian terus terputus sejak inisiatif yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) runtuh pada 2014 lalu.

Saat Putin mengundang kedua pemimpin tersebut untuk melakukan pembicaraan pada 2016, mereka menyatakan kesediaannya untuk bertemu satu sama lain secara langsung. Namun upaya Moskow untuk menjadi perantara pertemuan antara Netanyahu dan Abbas kemudian terhambat karena alasan saling tuduh bahwa pihak lain tidak mau bernegosiasi. [tsr]


Komentar Pembaca