Pilkada Serentak 2018

Duh! Ternyata KPU Tidak Gunakan DP4 Untuk Tentukan DPT

Pilkada   Rabu, 27 Juni 2018 | 17:44 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Duh<i>!</i> Ternyata KPU Tidak Gunakan DP4 Untuk Tentukan DPT - Kantorberitapemilu.com

Maskot Coklit KPU RI/Net

KBPRI. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyesalkan tindakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak menggunakan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Khususnya, dalam menetapkan daftar pemilih tetap (DPT).

Imbasnya, muncul data pemilih ganda saat proses pemungutan suara di Pilkada Serentak, Rabu (27/6). "Sangat disayangkan, KPU tidak pakai data DP4 Kemendagri yang diserahkan ke KPU," sesal Tjahjo kepada wartawan di Semarang.

Padahal, menurut TJahjo, pada aplikasi KPU data dirinya terdaftar di TPS Semarang. Lokasi tersebut merupakan domisili Tjahjo yang lama. Namun, Nomor Induk Keluarga (NIK) sudah pindah ke Jakarta dan. "Jadi, saya ber-KTP Jakarta sekarang," tegasnya.

Kemudian, Tjahjo mendapatkan informasi bahwa namanya masih terdaftar sebagai DPT di Pilkada Jawa Tengah (Jateng). Sehingga dia berinisiatif untuk langsung mendatangi TPS 10 Mlatiharjo, Semarang Timur, tempat dia terdaftar sebagai DPT.
   
"Untungnya saya dapat informasi itu dan proaktif mendatangi TPS tersebut bersama Ketua Bawaslu Pusat (Abhan), dan dicabut nama saya di DPT itu serta memastikan (Formulir C-6) tidak dipakai)," jelasnya.

Mendagri mempertanyakan KPU saat menentukan DPT yang tidak berdasarkan data DP4. Melainkan menggunakan data DPT pada saat Pemilu 2014.
   
"Sayangnya KPU tidak pakai data NIK DP4 Kemendagri, tapi masih ada yang pakai data DPT Pileg 2014. Masalah sudah dicatat langsung oleh Ketua Bawaslu dan akan ditanyakan ke KPU," ujarnya. [tsr]


Komentar Pembaca