Pilgub Sumatera Utara 2018

Pemilih Pemula Pilgub Sumut: Disuruh Ortu, Yang Penting Seiman

Pilkada   Jumat, 29 Juni 2018 | 05:16 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Pemilih Pemula Pilgub Sumut: Disuruh Ortu, Yang Penting Seiman - Kantorberitapemilu.com

Salsabila/KBPRI

KBPRI. Salah satu pemilih pemula di Pemilu Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut), Salsabila (17), mengungkapkan kesan pertamanya memberikan hak suara atau nyoblos. Seperti apa testimoni dari dara cantik yang berdomisili di daerah Medan Kota itu?

"Seneng aja gitu, baru 17 tahun langsung bisa nyoblos. Nyoblosnya dekat rumah. Profil? Ngga ngerti juga, di suruh orang tua aja," ungkap Salsa kepada Kantor Berita Pemilu, Kamis (28/6).

Salsa mengaku memberikan suaranya kepada pasangan calon (paslon) Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) saat mencoblos di TPS 8 Simpang Limun, tak jauh dari kediamannya di kawasan Kemiri, Sudirejo II.

Pilihan tersebut dilakukan karena paslon Eramas masih satu iman dengannya. Selain itu, Eramasa juga berjanji untuk membangun stadion baru klub asal Medan, PSMS.

"Saya pilih Eramas. Karena dalam Alquran disuruh pilih pemimpin muslim. Semoga (kota) Medan semakin bagus, semakin baik, ga ada lagi korupsi. Katanya ada janji, mau bangun stadion untum PSMS, semoga terwujud," tuturnya.

Sementara itu, pemilih muda lainnya, Maria Sirait (25) berharap Gubernur dan Wagub yang baru dapat memperdulikan warga secara ekstra. Termasuk mencegah terjadinya kasus tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di Danau Toba, 18 Juni lalu.

"Pemerintah juga harus memperhatikan sarana dan prasarana bagi warga Sumut. Termasuk jalur evakuasi dan sistem yang diterapkan," timpal bungsu dari tujuh bersaudara itu.

Untuk diketahui, sebelumnya, Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan ada 10 juta dari 160 masyarakat yang bakal menjadi pemilih pemula pada Pilkada serentak 2018.

Abhan mengatakan pemilih pemula ini merupakan kalangan remaja yang genap berumur 17 tahun dan memiliki hak untuk menyalurkan suara pada Pilkada 27 Juni kemarin. Menurut Abhan, data tersebut sudah masuk ke dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dalam Pilkada serentak 2018.

Pilkada serentak di Sumut telah menggelar satu Pilgub, satu pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) dan tujuh pemilihan Bupati (Pilbup). Yaitu, Pilgub Sumut, Pilwalkot Padangsidempuan, Pilbup Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Dairi, Deli Serdang, Taput, Langkat dan Batubara.

Khusus Pilgub Sumut 2018, hanya diikuti oleh dua pasangan calon (paslon) Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus dan pesaingnya Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. [tsr]


Komentar Pembaca