Pemilu 2019

Caleg Perempuan Partai Garuda "Nyaris" 50 persen

Pileg   Rabu, 18 Juli 2018 | 12:24 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Caleg Perempuan Partai Garuda

Abdullah Mansuri/Net

KBPRI. Partai Garuda mengklaim, telah mendaftarkan 48,1 bakal calon legislatif (Bacaleg) perempuan dalam Pileg 2019 mendatang. Sekertaris Jendral (Sekjen) Partai Garuda, Abdullah Mansuri menegaskan bahwa hal itu sebagai pembuktian.

"Bahwa Partai Garuda sangat berkeinginan adanya peran kaum wanita dalam kancah politik," kata Abdullah Mansuri kepada wartawan di kantor KPU, Rabu (18/7).

Demokrasi, urai Mansuri, sejatinya mengamanatkan adanya persamaan akses dan peran serta penuh bagi laki-laki maupun perempuan. Atas dasar prinsip persamaan derajat, dalam semua wilayah dan tataran kehidupan publik, terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan.

"Partai Garuda memahami betul aspek tersebut. Sehingga membuka ruang yang sangat luas bagi keterwakilan perempuan dalam proses Pileg 2019," tuturnya.

Mansuri juga mengatakan, representasi politik perempuan merupakan satu elemen penting jika ingin menempatkan konteks demokratisasi Indonesia. Khususnya, dalam perspektif demokrasi yang ramah gender (gender democracy).

"Sebab kami sangat meyakini bahwa perempuan Indonesia adalah agen-agen perubahan bangsa. mereka adalah penggerak di garda terdepan dalam membangun jembatan perubahan bagi seluruh warga negara Indonesia," paparnya.

Seperti diketahui, Partai Garuda mengusung 376 caleg dengan penjabaran 181 perempuan dan 195 laki-laki. Dari jumlah tersebut, diharapkan kepemimpian perempuan lebih tinggi di banding tahun tahun sebelumnya. "Garuda ingin muncul pemimpin baru dari kaum perempuan yang lahir dari rahim rakyat," demikian Mansuri. [tsr]


Komentar Pembaca