Koalisi Pengusaha Dan Politisi

Kata Bung Joker   Jumat, 07 September 2018 | 18:59 WIB

Koalisi Pengusaha Dan Politisi - Kantorberitapemilu.com

Jokowi umumkan ketua tim Kampanye Nasional/RMTV

BARU saja, (Jumat, 7/9) Erik Tohir, pemilik Mahaka Group dipilih capres petahana Jokowi menjadi ketua tim pemenangan capres dan cawapres Jokowi dan Ma'ruf. Formasi yang menarik pengusaha dan kumpulan politisi.

Siapakah Erick Tohir?

Dikutip dari Wikipedia, Erick Thohir lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Mei 1970, merupakan pengusaha sukses dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media dan sempat menjadi pemilik klub sepak bola Italia, Inter Milan.

Kiprah mengakusisi Inter Milan dari Massimo Morati pada 15 Oktober 2013 menjadikannya terkenal.

Di Indonesia sendiri Erick Tohir ini merupakan salah satu pemilik klub legendaris Persib Bandung, karena aktivitas bisnisnya di bidang olahraga, Erick dipercaya menjadi ketua Inasgoc (penyelenggara Asian Games 2018) di Jakarta dan Palembang.

Erick adalah anak dari Teddy Thohir, salah satu pemilik (co-owner) dari grup Astra International bersama William Soeryadjaya. Saudaranya, Garibaldi "Boy" Thohir, adalah seorang bankir investasi.

Pada tahun 1993 Erick lulus program Master untuk Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat, sebelumnya gelar sarjananya (Bachelor of Arts) diperoleh dari Glendale University.

Sekembalinya ke Indonesia, bersama Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy, ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada di ambang kebangkrutan.

Karena belum berpengalaman di bisnis media, ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta Jakob Oetama dari Kompas dan Dahlan Iskan dari Jawa Pos.

Erick menjadi Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008, ia kemudian menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010 hingga kini.

Mahaka Group kemudian membeli pula Harian Indonesia dan diterbitkan ulang dengan nama Sin Chew-Harian Indonesia dengan konten editorial dan pengelolaan dari Sin Chew Media Corporation Berhad yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Media ini kemudian dikelola secara independen oleh PT Emas Dua Ribu, mitra perusahaan Mahaka Media.

Erick juga menjabat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri Aplikasi untuk Kamar Dagang Industri (KADIN).

Hingga 2009, Grup Mahaka telah berkembang dan menguasai majalah a+, Parents Indonesia, dan Golf Digest; Sementara untuk bisnis media surat kabar: Sin Chew Indonesia dan Republika; Stasiun TV: JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio. Selain di bidang media Erick juga memiliki usaha di bidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web.

Ia juga pendiri dari organisasi amal "Darma Bakti Mahaka Foundation" dan "Dompet Dhuafa Republika", serta menjadi Presiden Direktur VIVA grup, dan Beyond Media.

Dari seabreg prestasi itu, wajar kalau Jokowi kesengsem dengan Erick Tohir, terlebih perhelatan Asian Games 2018 membuat banyak negara takjub.

Tidak ada yang menyangkal kualitas Erick Tohir ini, sosok pegusaha sukses.
 

Namun, tatkala menjadi ketua tim kampanye,  nalar pun mengusik. Pantaskah pengusaha sukes ini menjadi Tim Kampanye Nasional...?  Lalu kemanakah para politisi senior dan politisi hebat yang ada tim Jokowi.


Pengusaha dan politisi saat ini  menjadi citra buruk bagi pemberantasan korupsi. Sudah banyak Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) mencokok pengusaha dan politisi yang bersinergi dengan birokrasi.
 

Fakta saat ini, koalisi Jokowi memilih pengusaha. Jadi jangan salahkan memori masyarakat meraba pengusaha, politisi, birokrasi, korupsi, anti korupsi dan kekuasaan.
 
Fatsun politisi adalah kekuasaan, sementara fatsun pengusaha adalah keuntungan. [***]

 


Komentar Pembaca

Jenderal Gatot Sang Pemecah Ombak..

Kamis, 05 April 2018 | 17:07

Setnov Gegerkan Negeri..

Jumat, 23 Maret 2018 | 08:22

Negeri Penuh Puja-puji..

Sabtu, 10 Maret 2018 | 10:40

Mitos Di Balik Pelarangan Foto Tokoh..

Kamis, 01 Maret 2018 | 11:07

Klenik Nomor Urut Parpol..

Kamis, 22 Februari 2018 | 18:27

Musim Obral Janji Telah Tiba..

Jumat, 16 Februari 2018 | 22:18